Google Play Music Resmi Ditutup Mulai September 2020

Nimas Disri . August 06, 2020

Foto: Android Police

Teknologi.id - Bagi pengguna Google Play Music, siap-siap mengucap kata pisah karena Google mengumumkan akan menutup aplikasi ini per September 2020. Rencananya di Selandia Baru dan Afrika Selatan, Google Play Music akan mulai diberhentikan pada September 2020, lalu disusul pasar global pada Oktober 2020. 

Baca Juga: Cara Mudah Setting Google Assistant ke Bahasa Indonesia

"Google Play Store akan menghapus akses pembelian dan pemesanan musik. Selain itu, kami juga akan menutup Music Manager dan menyediakan opsi untuk mengunggah dan mengunduh musik dari Google Play Music," ujar pihak Google. 

Namun, pengguna Google Play Music masih memiliki kesempatan untuk memindahkan library musik ke YouTube Music hingga Desember 2020. Google juga menjamin tersimpannya hal-hal penting seperti daftar putar, unggahan, pembelian, likes, dan lain sebagainya. 

Khusus untuk podcast, pihak Google telah memiliki aplikasi resmi dan nantinya pengguna bisa melakukan transfer ke Google Podcast.

Pihak Google menuturkan, pelanggan yang memutuskan untuk tidak memindahkan akun Google Play Music ke YouTube Music tidak akan dikenakan biaya berlangganan selanjutnya karena Google otomatis membatalkan langganan di akhir siklus penagihan. 

Agar penggunanya mudah melakukan transfer data, Google telah meningkatkan fitur-fiturnya dalam beberapa bulan terakhir, seperti fungsi pembuatan daftar putar, konektivitas dengan perangkat Android dan Google, serta adanya tab discovery baru. 

Baca Juga: Timex Metropolitan, Jam Pintar Cakep Mirip Apple Watch

Apabila pengguna tidak ingin melakukan transfer data ke YouTube Music karena ingin memindahkannya ke tempat lain, Google menawarkan layanan Google Takeout untuk memudahkan pengambilan data. Layanan ini memungkinkan pengguna mendapatkan arsip dari semua daftar putar dan MP3 yang telah dibeli dari Google Play Music. 

(nd) 

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya