Google Meet Rilis Fitur untuk Atasi Peserta yang Mengganggu

Fabian Pratama Kusumah . October 24, 2021

Foto: Unida

Teknologi.id -  Era pandemi saat ini banyak yang aktivitas yang dilakukan secara daring. Salah satunya menggunakan Google Meet.

Tidak semua peserta mengetahui fitur Google Meet misalnya mematikan mikrofon atau bahkan ada orang yang sengaja ingin mengganggu dengan membuat suara atau hal lainnya yang tidak berkaitan.

Untuk mengatasi hal ini, Google Meet meluncurkan fitur Audio dan Video Lock baru di mana host dapat menghentikan peserta dari segala bentuk aktivitas yang mereka lakukan.

Google mengatakan fitur ini dapat mencegah peserta yang berpotensi mengganggu jalannya acara.

Fitur itu berada di dalam menu Host management, yang memungkinkan host membuat peserta tidak bisa melakukan share screen, mengirim pesan, menyalakan mikrofon, dan kamera.

Peserta juga tidak akan bisa menghidupkannya kembali sebelum host mengizinkannya. Fitur Audio dan Video Lock juga dapat membuat peserta tidak dapat berbicara secara default dan harus menunggu izin secara manual oleh host.

Sebagai catatan, Audio dan Video Lock tersebut juga bisa digunakan apabila peserta menggunakan versi Meet yang sama dengan host.

Baca juga: Cara Gunakan Virtual Background Zoom di iOS atau Android

Jika tidak, maka kemungkinan akan ada peserta tertentu secara otomatis keluar dari ruangan ketika host mengaktifkan kunci tersebut.

Peserta yang keluar tidak akan bisa masuk kembali ke ruangan, sebelum kunci dinonaktifkan oleh host.

Dilansir dari VOI, fitur Audio dan Video Lock akan tersedia untuk pengguna Android 6.0 atau  lebih tinggi, dan akan tersedia untuk versi web.

Kabarnya, fitur tersebut sedang diluncurkan untuk semua pengguna Google Workspace dan mungkin memerlukan waktu hingga 15 hari sebelum dirilis secara luas.

Jika ingin mencobanya, pastikan sudah memperbarui aplikasi Google Meet ke versi terbaru. Selamat mencoba.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar