Google Luncurkan Aplikasi Action Blocks, untuk Penyandang Disabilitas

abdurrahmansaleh . May 22, 2020
 


Action Blocks (Foto: MediaIndonesia)

Teknologi.id - Google ikut memperingati hari Kesadaran Aksesibilitas Global (GAAD) yang jatuh pada 21 Mei 2020 dengan meluncurkan aplikasi Actions Blocks.

Google menyediakan akses mudah bagi penyandang disabilitas untuk melakukan panggilan video dan melihat prakiraan cuaca hanya dengan satu tombol yang bisa disesuaikan di layar utama.

Baca JugaPopularitas PUBG Bikin Bos Tencent Jadi Orang Terkaya Tiongkok

"Hari ini kami mengumumkan fitur-fitur baru yang kami harap akan membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia khususnya penyandang disabilitas," kata Brian Kemler, Product Manager Android Accessibility Google dikutip dari KompasTekno, Jumat (22/5/2020).

Nantinya pengguna bisa membuka aplikasi Action Blocks > Create Action Blocks > Pilih tindakan yang diinginkan.  

Dalam aplikasi Action Blocks, pengguna akan diberikan banyak pilihan. Mulai dari menelepon, video call, mengirim pesan, memutar video dan lagu, serta mengatur alarm.

Selain itu, Google juga membuat aplikasi Transkripsi Instan yang memiliki kemampuan untuk membuat ponsel bergetar ketika nama pengguna disebut. Aplikasi diperuntukkan bagi pengguna yang mengalami gangguan pendengaran, sehingga dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Selanjutnya, terdapat aplikasi Amplifier Suara yang berguna sebagai amplifier portabel dengan headphone Bluetooth. Sehingga pengguna bisa meletakkan perangkat di dekat sumber suara dan memperkeras suaranya tanpa menganggu orang lain.

Sebagai informasi tambahan, Asia Pasifik memiliki jumlah penyandang disabilitas sebanyak 700 juta jiwa.

Baca JugaCegah Pengguna Kebablasan, YouTube Hadirkan Fitur Pengingat Waktu Tidur

(Rmn)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar