Cara Kembalikan Postingan di Instagram yang Telah Dihapus

Muhammad Iqbal Mawardi . March 18, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Instagram menghadirkan fitur baru bernama “Recently Deleted” pada Februari lalu. Fitur ini membuat pengguna dapat mengembalikan unggahan yang sebelumnya telah dihapus.

Saat dihadirkan pertama kali, belum semua pengguna dapat langsung mencobanya karena biasanya fitur baru digulirkan secara bertahap oleh Instagram. Kala itu banyak pengguna di Indonesia juga belum mendapatkan fitur Recently Deleted ini.

Namun, lewat pembaruan Instagram pada tanggal 15 Maret 2021 untuk versi 179.0.0.31.132 di Android, rupanya fitur ini sudah dapat digunakan secara umum oleh pengguna Instagram di Indonesia. Fitur ini juga rupanya dapat digunakan untuk memulihkan postingan foto dan video di feed, stories, IGTV, dan reels yang telah dihapus.

Baca juga: Instagram Bikin Fitur Pembatasan Usia dalam Direct Message

Untuk dapat mengembalikan konten Instagram Stories, pihak Instagram memberikan waktu 24 jam sejak konten tersebut dihapus. Sementara konten lain yang muncul di feed, seperti foto, video, Reels, ataupun IGTV, bisa dipulihkan maksimal 30 hari setelah dihapus.

"Kami (Instagram) tahu, terkadang hacker menghapus konten ketika mereka mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak punya cara untuk mendapatkan foto atau video mereka kembali dengan mudah," ungkap pihak Instagram.

Instagram mengatakan fitur barunya ini merupakan solusi bagi pengguna yang secara tidak sengaja menghapus postingan di akun Instagramnya.


Fitur "Recently Deleted" bisa ditemukan dengan membuka profil Instagram, kemudian ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas. Lalu, pilih "Setting" > "Recently Deleted" > pilih unggahan yang ingin dipulihkan > "More" > "Restore".

Foto: Kompas

Setelah mengklik opsi "Restore" atau pulihkan, pengguna perlu melakukan proses verifikasi identitas dengan memasukkan kode keamanan yang dikirimkan melalui SMS atau e-mail. Setelah itu klik "confirm". Proses verifikasi ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa pemilik akun sendirilah yang memulihkan konten yang telah dihapus dan bukan orang lain yang bisa saja memiliki tujuan tak terpuji.

(MIM)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar