Indonesia Jadi Negara Kedua dengan Internet Terlemot di Asean!

Sumber: ZDNet


Teknologi.id - Sebagai masyarakat digital tentu saja kita sudah tidak asing dengan jejaring Internet dan merupakan kebutuhan sehari-hari manusia modern. Meskipun begitu, sayangnya Indonesia ternyata termasuk negara yang memiliki koneksi Internet yang lambat jika dibandingkan dengan negara lainnya. Berikut fakta yang dikutip melalui website resmi speedtest.net!

Indonesia berada di peringkat 100 dunia untuk kecepatan internet mobile dan 114 dalam kategori jaringan fixed broadband. Sementara, banyak negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki kecepatan internet jauh diatas Indonesia. 


Berdasarkan data yang ada, Indonesia memiliki kecepatan internet mobile rata-rata berada di 17,96 mbps, sementara fixed broadband 21,43 mbps. Sementara kecepatan upload internet mobile di Indonesia berada di kecepatan rata-rata 10,22 mbps dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan paket data untuk melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain berada di 27 millisecond (ms).

Tentu saja hal tersebut dirasa sangat tertinggal jauh jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga kita. Singapura dan Thailand menduduki peringkat 22 dan 54 dunia dengan kecepatan koneksi rata-rata 64,05 mbps dan 33,07 mbps. Bahkan Singapura berhasil menduduki peringkat pertama untuk kecepatan rata-rata fixed broadband dengan 207,61 mbps. Cepat sekali bukan?

Provider tercepat di Indonesia masih dipegang dengan operator Telkomsel dengan speed score 30.49 disusul dengan IM3 Ooredoo dengan kecepatan 25.68. 

Jangkauan internet di Indonesia dianggap masih sangat lelet dan tidak merata. Mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang luas sehingga sangat sulit untuk meratakan jangkauan Internet ke seluruh pelosok Indonesia. 

Semoga di masa mendatang akan ada inovasi-inovasi baru yang dapat menunjang kemajuan teknologi Indonesia terutama untuk meratakan jangkauan koneksi internet ya!

Baca juga: Layanan Internet Starlink Punya Elon Musk Masuk Indonesia, Tapi..

(kssa)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar