Foto: TechCrunch
Teknologi.id - Perusahaan pengembang perangkat lunak, Niantic percaya bahwa ia tahu ke mana arah komputasi konsumen, yaitu menuju augmented reality (AR). Eksperimen Niantic masih didanai oleh Pokémon GO, game yang pertama kali booming pada tahun 2016, yang menurut perkiraan SensorTower akan mengalami tahun terbaiknya di tahun 2020.
Sebuah laporan dari perusahaan tersebut menunjukkan bahwa mereka telah mencapai pendapatan lebih dari US$ 1 miliar sejak awal tahun ini dan mengalami peningkatan tajam sejak 2019, terlebih akibat efek sosial dari pandemi.
Pendapatan tersebut telah memungkinkan Niantic menjadi salah satu pengakuisisi yang aktif di ruang infrastruktur AR, membeli startup AR kecil seperti Escher Reality, Matrix Mill, dan yang terbaru, 6D.ai. Pembelian berbagai startup secara khusus menandakan sinyal bagi rencana platform AR yang akan dilakukan perusahaan selanjutnya.
Baca Juga: Google Sematkan Fitur untuk Simpan AR Terakhir yang Dibuka
Startup 6D.ai sedang membangun perangkat lunak pemetaan AR cloud, dengan perusahaan seperti Airbnb. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengumpulkan informasi 3D dari suatu ruang, hanya dengan mendekatkan 1 mereka ke "dunia".
Sejak akuisisi, Niantic telah mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam platform pengembang mereka dan bertujuan untuk memadukan teknologi dengan kemajuan mereka sendiri dalam pemahaman semantik, sehingga mereka tidak hanya dapat dengan cepat mengumpulkan seperti apa bentuk geometri suatu ruang.
Mereka juga dapat melihat ke dalam konteks objek seperti apa yang membentuk mesh 3D itu. “Kami pada akhirnya memiliki visi ini bahwa untuk pengalaman AR, semuanya harus bersatu agar benar-benar ajaib,” jelas Joel Hesch, direktur senior Teknik Niantic, kepada TechCrunch.
Meskipun perusahaan telah berbicara tentang Real World Platform milik mereka sejak tahun 2018, mereka mengembangkannya secara lambat karena menurunnya antusiasme AR berbasis telepon saat peluncuran awal ARKit oleh Apple pada tahun 2017.
“Fokus utama kami ada pada game dan aplikasi pihak pertama, tetapi kami sangat bersemangat untuk memperluas platform menjadi sesuatu yang dapat digunakan lebih banyak orang,” ujar Hesch.
(bal)