Microsoft Susul Valuasi Apple Jadi Rp. 28.000 Triliun

Muhammad Iqbal Mawardi . June 23, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Microsoft baru-baru ini memasuki klub paling elit sedunia. Ini karena Microsoft telah menjadi perusahaan Amerika Serikat kedua yang mencapai valuasi USD 2 triliun atau Rp 28.000 triliun.

Perusahaan cetusan Bill Gates ini mengapit Apple yang sudah lebih dulu mencapai valuasi tersebut. Perusahaan minyak asal Arab Saudi, Saudi Aramco, yang go public pada tahun 2019 juga sudah melewati angka tersebut, dengan valuasinya saat ini USD 1,88 triliun.

Microsoft menembus valuasi USD 2 triliun pada perdagangan pada tanggal 22 Juni 2021. Saat itu, sahamnya naik 1,2% sebelum akhirnya turun lagi saat pasar ditutup. Setelah penutupan saham Microsoft naik 1,1% ke USD 256,51 dan valuasinya mencapai USD 1,99 triliun.

Microsoft berhasil menjadi perusahaan kedua yang mencapai angka USD 2 triliun hanya 10 bulan setelah Apple meraih pencapaian yang sama di bulan Agustus 2020. Apple saat ini memiliki valuasi sebesar USD 2,24 triliun.

Baca juga: Microsoft Berhenti Support Windows 10?

Kesuksesan Microsoft ini didorong oleh pandemi COVID-19. Karena banyak orang harus belajar dan bekerja dari rumah, permintaan terhadap komputer, konsol gaming, dan platform cloud computing milik Microsoft terus meningkat.

Nilai saham Microsoft naik 64% sejak Maret 2020. Ini bertepatan dengan momentum pandemi yang memaksa AS untuk lockdown. Pada April 2021, Microsoft melaporkan laba sebesar USD 14,8 miliar, naik 38% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Lebih dari satu tahun setelah pandemi, kurva adopsi digital tidak melambat," kata CEO Microsoft Satya Nadella saat itu.

"Kami membangun cloud untuk dekade selanjutnya, memperluas pasar kami dan berinovasi di setiap lapisan teknologi untuk membantu konsumen kami menjadi tahan banting dan bertransformasi," ucapnya.

Meski saat ini baru Microsoft dan Apple yang menjadi perusahaan AS bernilai USD 2 triliun, mereka akan segera disusul oleh raksasa teknologi lainnya.

Amazon dan Google saat ini mengapit erat rekan senegaranya. Setelah penutupan pada hari Selasa, valuasi Amazon mencapai angka USD 1,77 triliun, sedangkan perusahaan induk Google, Alphabet, berada di angka USD 1,67 triliun.

(MIM)

Share :