Tipe-tipe Konten Instagram untuk Bisnis Anda

Elita Dyani . July 30, 2021

Foto: Instagram Ig Smartphone - Free photo on Pixabay

Teknologi.id - Kebijakan pembatasan aktifitas oleh pemerintah berdampak pada banyaknya gerai yang terpaksa tutup. Di momen seperti ini, memanfaatkan media sosial untuk berbisnis menjadi salah satu jalan alternatif. Dilansir dari Forbes.com tanggal 20 Juni 2020, penggunaaan media sosial bukan hanya sebagai tambahan taktik pemasaran saja, tapi menjadi pertimbangan dan harus diprioritaskan dalam setiap proses perencanaan. Salah satu media sosial yang dapat digunakan adalah Instagram.

Instagram merupakan media sosial di mana penggunanya dapat saling berbagi foto maupun video. Sebelumnya, membuat konten yang mengundang banyak likes menjadi sebuah prioritas. Namun saat ini, perubahan pada algoritme di Instagram membuat jumlah likes bukanlah fokus utama. Berikut adalah tiga tipe konten Instagram untuk bisnis Anda.


Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain


1.    Konten yang save-able

Instagram kini menyediakan fitur yang mana unggahan dapat disimpan oleh pengguna Instagram lain. Untuk itu, konten yang diunggah harus berisi hal-hal yang informatif. Contohnya jika Anda memiliki bisnis makanan sehat, Anda bisa membuat konten tentang cara menurunkan berat badan atau tips membakar lemak dengan cepat.

2.    Konten yang menarik untuk di-share

Agar menarik untuk dibagikan, konten yang dibuat harus mengandung emosi di dalamnya. Contohnya untuk bisnis yang bergerak di bidang fashion, Anda bisa membuat konten kutipan bijak tentang mencintai diri sendiri. Buatlah konten-konten yang dapat menyentuh hati atau relate dengan keadaan yang ada sehingga berpotensi untuk dibagikan ke pengguna Instagram lain.

3.    Konten yang menggundang comment

Selain dua tipe di atas, salah satu konten yang terpenting untuk Instagram bisnis Anda adalah konten yang dapat ‘menarik’ pembaca untuk memberikan komentar. Contohnya untuk bisnis es krim, Anda bisa membuat konten “tim suka mint choco atau tim tidak suka mint choco” lalu ajak para pembaca untuk menuliskan pilihan mereka di kolom komentar.

Itu dia penjelasan tentang tipe-tipe konten untuk Instagram bisnis Anda. Namun harus diingat kembali bahwa konten-konten tersebut harus disesuaikan dengan tipe target pelanggan. Perbedaan target pasar memiliki efek yang besar bagi reaksi konten karena tidak semua orang mengganggap konten tersebut menarik. Jangan lupa tambahkan hastag agar unggahan dapat dilihat oleh banyak orang. Selamat berbisnis!


Share :