Kenapa Ponsel Jadi Lemot Kalau Sudah Lama Usianya?

Rima Fidayani Rizki . September 07, 2020

Foto: freeCodeCamp

Teknologi.id - Meskipun sangat lazim ditemui, gadget yang lemot kadang membuat kita sangat kesal, terlebih dalam kondisi terburu-buru. Bagaimana proses ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: Samsung Bakal Tutup Pabrik TV Miliknya di Tiongkok

Semakin lama ponsel digunakan, akan semakin banyak pula ruang memori yang terpakai untuk menyimpan aplikasi, foto, video, hingga riwayat pencarian di browser. Hal ini membuat memori ponsel menjadi penuh.

Menggunakan ponsel dengan ruang penyimpanan yang tinggal sedikit akan membuat ponsel melambat. Untuk mengantisipasinya, buang aplikasi yang tidak diperlukan, hapus foto, video, atau file-file lainnya yang sudah di-back up pada media lain agar kapasitas memori bertahan dalam kondisi normal.

Pembaruan sistem operasi (OS) juga turut memakan memori yang banyak. Demikian pula dengan aplikasi baru yang tidak jarang memakan lebih banyak RAM. 

Oleh karena itu, pembaruan sistem operasi Android umumnya tidak cocok untuk perangkat dengan RAM dan ROM yang kecil karena justru akan memperlambat ponsel. Di samping itu, pengembang OS bisa jadi juga menambahkan aplikasi bloatware tambahan dalam pembaruan, yang berjalan di latar belakang dan dapat memperlambat performa.

Bagaimana jika performa ponsel masih gitu-gitu aja meski berbagai aplikasi dan isi galeri sudah dikurangi? Factory reset (reset pabrik) menjadi jalan keluarnya. Opsi ini akan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan dan data sampah bawaan. Meskipun penyetelan ulang tidak akan mengembalikan ponsel ke kinerja saat masih baru, setidaknya ponsel tidak lagi menjadi lemot.

Sebelum memulai reset, back up terlebih dahulu semua file, foto, dan video dengan aman karena proses reset akan menghapus semuanya. Berbagai password dalam akun aplikasi juga perlu untuk diingat karena akan dibutuhkan saat mengunduh dan memasang ulang aplikasi-aplikasi yang digunakan.

Baca Juga: Bos Netflix Lontarkan Kalau Work From Home Tak Ada Positifnya, Kenapa Gitu?

Opsi reset bisa dilakukan dengan cara membuka 'Pengaturan' dan pilih 'Sistem'. Selanjutnya, pilih 'Atur ulang opsi', dan 'Hapus semua data (reset pabrik)'. Untuk iPhone, factory reset dijalankan dengan membuka 'Pengaturan' dan pilih 'General', 'Atur Ulang', dan 'Hapus Semua Konten dan Pengaturan'.

(rf)

Share :