Langkah-Langkah Membuat Kuesioner di Google Form Lewat Komputer dan HP Tanpa Aplikasi

Adnan Algifari . May 03, 2023

Foto: Pixabay/AJS1

Teknologi.id - Google Form adalah platform yang sangat berguna untuk membuat kuesioner secara online. Di era serba digital seperti sekarang, teknologi memberikan kemudahan kepada setiap pekerjaan dan kegiatan manusia.

Membagikan kuesioner untuk tujuan penelitian kepada masyarakat atau orang-orang tertentu yang menjadi objek penelitian selalu menjadi hal yang mudah, namun cukup merepotkan.

Dengan hadirnya Google Form, kuesioner bisa dibagikan secara online dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan mudah untuk dilakukan. Pembuatan soal kuesioner juga menjadi lebih mudah dan pengumpulan datanya juga menjadi lebih rapi dan tertata dengan baik.

Namun, mungkin ada beberapa orang yang tidak ingin atau tidak dapat mengunduh aplikasi tambahan pada komputer atau hp, karena beberapa komputer atau handphone yang sudah tidak kuat lagi untuk menginstal aplikasi.

Perhatikan artikel ini sampai selesai karena Tekmin telah merangkum bagimana cara dan langkah-langkah yang mesti diikuti untuk mengetahui cara-cara membuat kuesioner di Google Form lewat komputer tanpa aplikasi.

Baca juga: Gampang Banget! Ini Cara Membuat Form Survei di Google Forms

Membuat Kuesioner Lewat HP tanpa Aplikasi

Foto: Pixabay/Pacific24

Apakah kamu ingin membuat kuesioner di Google Form namun tidak memiliki akses ke komputer atau tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan di smartphone? Tidak perlu khawatir, karena sebenarnya kamu dapat membuat kuesioner di Google Form dengan mudah lewat hp tanpa aplikasi. Berikut adalah cara-cara membuat kuesioner di Google Form lewat hp tanpa aplikasi:

1. Buka Google Chrome di Smartphone

Langkah pertama adalah membuka Google Chrome di smartphone. Pastikan untuk menggunakan Chrome, karena browser ini memiliki fitur desktop mode yang memungkinkan kamu mengakses Google Form dengan tampilan seperti di komputer.

2. Kunjungi Google Drive

Setelah membuka Google Chrome, kunjungi Google Drive dengan memasukkan URL drive.google.com pada bar URL. Pastikan kamu sudah log in memaki akun Google kamu.

3. Buat Formulir Baru

Setelah masuk ke Google Drive, klik ikon tiga titik di sudut kanan bawah layar dan pilih "Google Form" pada menu yang muncul. Ini akan membuka jendela baru dengan opsi untuk membuat formulir baru.

4. Buat Pertanyaan

Buat pertanyaan yang ingin kamu sertakan dalam kuesioner dengan mengetik di kotak teks yang tersedia. kamu juga dapat memilih jenis pertanyaan sesuai dengan selera, seperti pilihan ganda, isian singkat, atau skala likert.

5. Sesuaikan Tampilan Kuesioner

Sesuaikan tampilan kuesioner dengan menambahkan gambar, mengubah warna, atau mengatur tema sesuai dengan selera atau kebutuhan yang diperlukan untuk menarik perhatian pengisi agar mau menjawab dari awal sampai akhir dari kuesioner yang kamu ajukan.

6. Bagikan Kuesioner

Setelah selesai membuat kuesioner, klik tombol "Bagikan" di sudut kanan atas layar. Ini akan membuka menu opsi berbagi yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan tautan kuesioner ke pengisi.

Baca juga: Akun Gmail Bisa Dihapus Tanpa Kehilangan Layanan Google Lainnya

Membuat Kuesioner Lewat Komputer Tanpa Aplikasi

Foto: Pixabay/377053

Membuat kuesioner di Google Form bisa menjadi tugas yang menantang bagi sebagian orang, terutama jika tidak terbiasa dengan teknologi atau tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan.

Para peneliti ataupun akademisi di zaman dewasa ini sudah dituntut, mau tidak mau, harus melek teknologi, karena dengan kemajuan teknologi yang cepat ini memudahkan segala aktivitas manusia,

Jika peneliti menolak untuk tidak mengikuti zaman, maka hanya ketertinggalan yang didapat. Pengisi kuesioner juga zaman sekarang ini pasti sudah melek teknologi, jadi para peneliti ataupun akademisi yang ingin membuat kuesioner pun harus bisa mengimbanginya.

Cara atau langkah yang digunakan untuk membuat kuesioner online di komputer dengan menggunakan Google Form kurang lebih prosesnya sama seperti cara membuat kuesioner lewat hp, bahkan terhitung lebih mudah dan lebih mendukung jika dilakukan lewat komputer.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa membuat kuesioner di Google Form lewat komputer ataupun hp tanpa aplikasi. Dan juga memudahkan pekerjaan kamu tanpa perlu mendatangi peserta kuesioner door to door seperti zaman dahulu.

Pastikan untuk menggunakan browser Google Chrome dan mengaktifkan fitur desktop mode untuk hp agar memudahkan akses ke Google Form. Selamat mencoba!

Baca juga: Bill Gates Prediksi AI Bakal Segera Bisa Mengajar Baca dan Tulis

(aa)

Share :