SpaceX Kehilangan 40 Satelit Starlink Selama Badai Geomagnetik

Yusrizal Azwar . February 10, 2022
Geomagnetik merusak 40 satelit Starlink

Foto: Nation.Ik


Teknologi.id - Badai geomagnetik pada akhirnya merusak peluncuran satelit Starlink terbaru.


Seperti yang dilaporkan SpaceX, pada hari Kamis, 3 Februari, roket Falcon 9 yang berlokasi di Launch Complex 39A, Kennedy Space Center di Florida, digunakan untuk meluncurkan 49 satelit Starlink ke orbit rendah Bumi. Orbit rendah (201 kilometer) dipilih sehingga SpaceX dapat melakukan pemeriksaan sistem awal jika ada masalah dan jika demikian, masing-masing satelit dapat dengan cepat dideorbit.


Namun, ada badai geomagnetik yang terjadi pada waktu yang sama. Ini tidak secara langsung berdampak pada satelit, tetapi badai menghangatkan atmosfer Bumi dan karenanya membuatnya lebih padat. Dalam hal ini kepadatan atmosfer adalah 50% lebih tinggi dari peluncuran sebelumnya. Untuk mengimbanginya, satelit-satelit itu diperintahkan untuk terbang yang oleh SpaceX digambarkan sebagai "seperti selembar kertas," untuk meminimalkan hambatan sebanyak mungkin. Untuk melakukan ini, setiap satelit memasuki mode aman yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Baca Juga: NASA Menyewa Lockheed Martin untuk Membangun Roket Mars 


Sayangnya, 40 dari 49 satelit tidak dapat meninggalkan mode aman untuk pindah ke orbit yang lebih tinggi dan menjadi bagian dari jaringan Starlink. Sebaliknya, mereka semua sekarang akan masuk kembali ke atmosfer bumi dan secara efektif hilang. SpaceX mengatakan satelit "tidak menimbulkan risiko tabrakan" karena mereka akan terbakar tanpa meninggalkan puing-puing untuk jatuh kembali ke Bumi.


SpaceX menunjukkan bahwa memilih untuk melakukan penyebaran orbit Bumi rendah awal ini mengharuskan setiap satelit menjadi lebih mampu dan karenanya jauh lebih mahal untuk diproduksi. Namun, situasi seperti badai ini menunjukkan mengapa perlu mengeluarkan uang ekstra karena tidak menghasilkan puing-puing.


(MYAF)

Baca Juga: Apple Sedang Mempersiapkan Peningkatan Besar Untuk Pusat Datanya

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar