NASA Akan Hancurkan Stasiun Luar Angkasa Internasional ke Laut

Yusrizal Azwar . February 03, 2022

NASA ingin menabrakkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) ke laut.

Sumber: NASA


Teknologi.id - ISS telah mengorbit Bumi selama 23 tahun, dan NASA berencana untuk tetap mengoperasikannya hingga 2030. Setelah dipensiunkan, NASA akan mengubur ISS ke laut di bagian terpencil Samudra Pasifik, menurut sebuah laporan NASA dalam sebuah pers.


NASA berencana membangun stasiun luar angkasa komersial untuk menggantikan ISS. Tahun lalu ada tiga perusahaan yang telah dipilih untuk menerima dana dari pemerintah untuk pengembangan stasiun orbit rendah Bumi. Saat stasiun-stasiun itu dibangun, NASA akan menjadi pelanggan penyedia komersial, daripada membangun dan memelihara stasiunnya sendiri.


Badan tersebut mengatakan memiliki lima tujuan untuk ISS sebelum dipensiunkan: untuk memungkinkan eksplorasi luar angkasa; melakukan penelitian yang bermanfaat bagi kemanusiaan; untuk mendorong industri luar angkasa komersial AS; untuk memimpin dan memungkinkan kerjasama internasional; dan untuk menginspirasi umat manusia.

Baca Juga: Tidak Ada Kata Henti, Perusahaan Game Besar Terus Membeli Studio 

Ketika tiba saatnya untuk melakukan de-orbit, NASA akan menggunakan propulsi dari pendorong ISS dan kendaraan lain untuk menurunkan orbitnya menuju Bumi. Sekitar setahun kemudian menurut perkiraan, operator akan memberikannya satu dorongan lagi dan akan turun ke atmosfer.


ISS terlalu besar untuk benar-benar terbakar saat kembali ke Bumi, dan NASA pasti tidak menginginkan insiden lain seperti Skylab yang pecah dan menyebarkan puing-puing di seluruh Australia. Badan tersebut berencana akan sangat hati-hati mengarahkan sisa-sisa ISS pada lintasan menuju Point Nemo, sebuah area di Samudra Pasifik Selatan yang terjauh dari daratan mana pun. Point Nemo dikenal sebagai "pemakaman pesawat ruang angkasa" karena begitu banyak sampah luar angkasa yang dikirim ke sana untuk menghindari menabrak daerah yang berpenghuni.


(MYAF)

Baca Juga: Tidak Ingin Kalah Dari Microsoft, Sony Menggaet Studio Bungie

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar