Mengenal Ilyushin Il-80 Maxdome, Pesawat Kiamat Milik Rusia

Fabian Pratama Kusumah . March 24, 2022

Foto: Armed Conflicts

Teknologi.id – Jika Amerika Serikat (AS) menggunakan pesawat Boeing B-4, Rusia mempunyai pesawat buatan Ilyushin II-80 Maxdome.

Nama panggilan untuk pesawat ini adalah Maxdome, meskipun beberapa menyebutnya sebagai Camber, istilah yang digunakan oleh navigasi komersial untuk II-86.

Sebagai "pesawat hari kiamat", Ilyushin Il-80 memang dilengkapi peralatan mutakhir, karena tujuan pembuatannya adalah untuk menyelamatkan para pejabat tinggi Rusia, termasuk presiden, jika terjadi perang nuklir.

Saat ini Angkatan Udara Rusia sendiri memiliki empat Pos Komando Udara Ilyushin Il-80, yang awalnya dibuat pada era Uni Soviet.

Selain dapat menampung puluhan orang, juga memiliki daya jelajah ratusan ribu mil selama tiga hari tiga malam nonstop di udara dengan persediaan bahan bakar 185 ton.

Serta dapat mengisi bahan bakar di udara, dan dapat berkomunikasi dengan kapal selam dalam rentang radius 6 ribu kilometer. 

Baca juga: Ubah Perang Jadi Mengerikan, Canggihnya 7 Teknologi Ini!

Pesawat ini juga memiliki dua pod generator listrik besar yang ditempatkan di dalam mesinnya, yang memiliki air intake scoops dan jet exhaust di ujungnya.

Setiap pod generator listrik memiliki panjang sekitar 9,5 meter dan diameter 1,3 meter. Kedua pod tersebut dilengkapi lampu pendaratan.

Ilyushin Il-80 juga dilengkapi dorsal radome untuk komunikasi satelit (SATCOM), plus kabel antena trailing yang dipasang di bagian belakang badan pesawat.

Fungsinya untuk transmisi dan penerimaan radio very low frequency (VLF), yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan kapal selam pengusung rudal balistik.

Tahun 2020 lalu terjadi insiden sebanyak 39 komponen dari perlengkapan komunikasi itu dicuri ketika Ilyushin Il-80 Maxdome sedang dikandangkan di kota Taganrog, Rusia.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar